Kamis, 11 Agustus 2016

perangkat peripheral part 1

Perangkat  Eksternal/Peripheral
By Muhammad Firdaus

Pengertian perangkat peripheral
Peripheral komputer adalah komponen tambahan yang berfungsi untuk mendukung kerja komputer sehingga fungsi kerja komputer menjadi maksimal. (Mujiono, 2016)
Peralatan Masukan (Input Device)
Peralatan masukan berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar system ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang di perlukan.
o   Keyboard
Berfungsi: memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
o   Mouse
Fungsi: untuk memindahkan pointer atau kursor. Selain itu, selain itu perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
o   Light Pen
Fungsi: Mirip bolpoin biasa, hanya ujungnya memiliki sensor elektromagnetik. Bisa digunakan untuk menulis, tetapi juga mampu membaca kode-kode khusus yang kemudian diterjemahkan oleh komputer.
o   Touch pad
Fungsi: sebagai pengganti mouse pada laptop/notebook
o   Microphone
Fungsi : untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer dan untuk berbicara saat sedang chatting.
o   Scanner
Fungsi: untuk menyalin/mengambil gambar file dari luar komputer yang hasilnya akan ditampilkan di komputer. (Macam Macam Peripheral Komputer, 2016)
Dan masih banyak lagi.
Peralatan keluaran (output device)
Peralatan Output pada komputer adalah merupakan komponen komputer yang berfungsi menghasilkan informasi yang diperoleh dari hasil proses dari peralatan proses komputer. (Komputer, 2016)
 Contoh perangkat keluaran :
o   Monitor CRT
Pengertian monitor adalah suatu alat yang digunakan sebagai output data tampilan grafis pada komputer tersebut.
o   LCD
Monitor LCD (fungsi monitor) adalah merupakan jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai bahan utamanya.
o   Printer
Printer adalah perangkat keras (hardware) dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan, gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya.
o   Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. (Puspanda Hatta, 2014)

Daftar Pustaka

Komputer, J. (2016, agustus 12). Pengertian dan Fungsi Peralatan Output pada Komputer. Diambil kembali dari Tutorial Komputer Jaringan: http://jaringankomputer-pc.blogspot.co.id/2013/10/pengertian-dan-fungsi-peralatan-output.html
Macam Macam Peripheral Komputer. (2016, agustus 12). Diambil kembali dari Seputar it: http://pengertianseputarit.blogspot.co.id/2014/10/macam-macam-peripheral-komputer.html
Mujiono. (2016, agustus 12). Pengertian dan Fungsi Peripheral Komputer. Diambil kembali dari Tutorial Komputer: http://www.teorikomputer.com/2014/01/pengertian-dan-fungsi-peripheral.html
Puspanda Hatta, A. T. (2014). Sistem Komputer. Surakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.




 Link tulisan asli silahkan Kunjungi INI


Nama : Muhammad Firdaus
Kelas : XI Tkj 2
Sekolah : SMK I Kota Blitar

Motto : Hemat Energy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar