Kamis, 01 September 2016

pengertian definisi simbol dan jenis jenis flowchart

Flowchart
By: Muhammad Firdaus
Pengertian flowchart
            Flowchart adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program. (Arifianto)
            Sedangkan menurut Wikipedia Indonesia Flowchart atau diagram alir merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah. (wikipedia)
Symbol symbol flowchart
.  (nasri)
Jenis jenis flowchart
                Ada beberapa jenis - Jenis flowchart diantaranya:
a. System Flowchart
System flowchart dapat didefinisikan sebagai bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem. Bagan ini menjelaskan urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Bagan alir sistem menunjukkan apa yang dikerjakan di sistem.
b. Document Flowchart
Bagan alir dokumen  (document flowchart)  atau disebut juga bagan alir formulir  (form  flowchart)  atau  paperwork flowchart merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.
c. Schematic Flowchart
Bagan alir skematik (schematic flowchart) merupakan bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu untuk menggambarkan prosedur di dalam sistem. Perbedaannya adalah, bagan alir skematik selain menggunakan simbol-simbol bagan alir sistem, juga menggunakan gambar-gambar komputer dan peralatan lainnya yang digunakan.
d. Program Flowchart
Bagan alir program  (program flowchart)  merupakan bagan yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program. Bagan alir program dibuat dari derivikasi bagan alir sistem.
Bagan alir program dapat terdiri dari dua macam, yaitu bagan alir logika program  (program logic flowchart)  dan bagan alir program komputer terinci  (detailed computer program flowchart).  Bagan alir logika program digunakan untuk menggambarkan tiap-tiap langkah di dalam program komputer secara logika. Bagan alat- logika program ini dipersiapkan oleh analis sistem. Bagan alir program komputer terinci  (detailed computer program flow-chart) digunakan untuk menggambarkan instruksi-instruksi program komputer secara terinci. Bagan alir ini dipersiapkan oleh pemrogram.
e. Process Flowchart
Bagan alir proses  (process flowchart)  merupakan bagan alir yang banyak digunakan di teknik industri. Bagan alir ini juga berguna bagi analis sistem untuk menggambarkan proses dalam suatu prosedur. (munir)

Daftar pustaka

Arifianto, R. (n.d.). Pengertian Flowchart Dan Jenis – Jenisnya. Retrieved September 1, 2016, from RAHMAT ARIFIANTO JRS: https://rahmatarifianto.wordpress.com/2014/11/20/pengertian-flowchart-dan-jenis-jenisnya/
munir, f. l. (n.d.). Pengertian, Jenis - Jenis, Simbol - Simbol, dan Contoh Flowchart. Retrieved september 1, 2016, from fahmi latief munir: https://fahmilatiefmunir.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-jenis-jenis-fungsi-dan.html?showComment=1472779339989#c6059607082931513609
nasri, f. (n.d.). simbol flowchart untuk pemrograman dan pengertiannya. Retrieved september 1, 2016, from skripsi, tesis dan pemograman: http://skripsisakti.blogspot.co.id/2013/06/simbol-flowchart-untuk-pemrograman-dan.html
wikipedia. (n.d.). Diagram alir. Retrieved september 1, 2016, from wikipedia ensiklopedia bebas: https://id.wikipedia.org/wiki/Diagram_alir

file wordnya DISINI

Profil penulis
Nama    : Muhammad Firdaus
Sekoklah : Smk Islam 1 Blitar

Motto : Hemat energy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar